banner
galleryicon

We are not in the business of showing off


17 View, 0 Comment
23-Nov-2017
“We are not in the business of showing off.” – Indrawan Nugroho

Sebuah Nasehat yang menjadi pelajaran penting, ketika tengah belajar dengan mas Indrawan Nugroho di Program TEMPA selama 3,5 bulan. Tepatnya pada periode April-Agustus 2017 yang lalu.

As a trainer...kita hadir di depan orang lain, bagi orang lain yang telah datang ke event yang kita selenggarakan, untuk bisa memberikan solusi. Audiens berkenan hadir ke eventnya, dikarenakan mereka memiliki masalah dan seorang trainer atau speaker, mereka ada dan dihadirkan ke depan audiens untuk bisa menjadi pemberi solusi.

Kita dihadirkan Tuhan pada suatu waktu, bertemu dengan yang lainnya untuk menjadi pemberi solusi, not showing off.

Bukan untuk menunjukkan seberapa hebatnya ilmu kita. Bukan untuk showing off akan lamanya pengalaman dan beragam kompetensi yang kita miliki. Tapi bagaimana pengalaman, kompetensi dan ilmu yang telah Tuhan titipkan itu, bisa jadi manfaat bagi yang hadir.

Seorang trainer, ia punya amanah untuk menjadikan yang lainnya bisa sehebat dirinya. Mereka berharap bisa punya pengalaman melewati jalan yang sebelumnya telah lebih dahulu dilewati oleh sang trainer. Kita tidak ada yang lebih hebat dibanding yang lainnya, kita cuma diperkenankan oleh Allah untuk bisa tahu ilmu-Nya lebih dulu.

Semoga ketika kita selalu menanamkan dalam benak kita, bahwa kita cuma tahu lebih dulu dan bukan yang paling tahu, akan menjadikan kita tak akan pernah memakai baju kebesaran Allah yaitu Sombong. Karena hanya Allah yang berhak memakainya.

Itulah mengapa, ketika briefing dengan teman-teman fasilitator MSDH sebelum acara workshop “Melukis Slide Dengan Hati” dimulai, selalu ditekankan lagi untuk perbanyak Istighfar. Terlebih ketika bertemu dengan peserta yang perlu didampingi lebih concern, atau perlu dimentoring dengan lebih sabar.

Kita munculkan lagi tujuannya, bahwa kita hadir untuk audiens. Bagaimana kita pada akhirnya memberi dan berusaha yang terbaik, untuk bisa menghadirkan solusi bagi mereka.

Kita tak pernah bisa selalu berharap, bahwa para peserta yang hadir adalah mereka yang sekali diinformasikan sesuatu hal, langsung akan paham. Ada kalanya dan seringnya juga, akan selalu ada yang butuh dipandu dengan lebih sabar. Istighfar, akan memudahkan kita menjernihkan hati, menjauhkan dari kesombongan dan memudahkan kesabaran untuk makin berkawan akrab dengan diri kita.

Belajar lagi dan lagi.

Salam,
ASL





COMMENT :

Nama :
Alamat Email :
Perusahaan :
Komentar :


COPYRIGHT BY SHAFUTAMA TEAM